2nd International Conference on Social Science and Character Education (ICoSSCE)


2nd International Conference on Social Science and Character Education (ICoSSCE) digelar pada 28 September 2019 dengan menghadirkan pembicara dari Australia, Malaysia, India, dan Indonesia. Menghadirkan Prof. Dr. Zarina Othman (UKM, Malaysia), Dr. Nadirsyah Hosen (Monash University, Australia), Dr. Kunal Mehta (LR DAV College Jagraon, India), Dr. Balraj Singh Brar (Punjabi University, India), Nasution, Ph.D (Universitas Negeri Surabaya, Indonesia), dan Dr. Supardi (Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia) memaparkan pandangan ilmiah terkait isu-isu sosial yang turut diusung dalam tema seminar yaitu, "The Future of Social Studies Education in the Rise of Conservatism, Populism, and Nationalism".

Direktur PPs UNY, Prof. Dr. Marsigit, M.A. yang menjadi Keynote Speaker dalam seminar tersebut menjelaskan perubahan alami dari masa lalu ke masa sekarang yang mana bumi selalu bergerak, berputar, dan berubah yang sejalan dengan kehidupan sosial. Konferensi Internasional ini mengundang siswa, guru, dan peneliti dari berbagai disiplin ilmu terutama untuk mengeksplorasi, menguraikan, menyelidiki dan memeriksa dampak dan tanggapan terhadap kebangkitan konservatvisme, populisme, dan nasionalisme dalam pengajaran studi sosial di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi.

Selanjutnya, konferensi terbuka untuk presentasi akademis lainnya, debat dan diskusi tentang perkembangan sosial-politik, budaya, ekonomi dan agama yang terkait dengan masalah tersebut; dan metodologi belajar-mengajar dan inovasi di bidang Pendidikan Studi Sosial dan lainnya (yaitu bidang khusus mata pelajaran Sejarah, Kewarganegaraan, Karakter Moral, Ekonomi, Geografi, Sosiologi, dan pendidikan Antropologi) dalam menanggapi perubahan yang sedang berlangsung. (ant)